Pengertian Rasis dan SARA

Pengertian Rasis dan SARA

Rasis dan SARA adalah kata yang sering kita dengar di lingkungan sekitar kita dan sering kita lihat juga di internet, banyak yang beranggapan 2 kata ini memiliki maksud yang sama, tapi sebenarnya keduanya sangat berbeda dalam pengertiannya

Pengertian Rasis













Pengertian rasis adalah pemahaman seseorang tentang sikap dan prilaku berbeda yang diberikan kepada etnis atau kelompok tertentu. sehingga menimbulkan masalah Rasisme dimana timbul sikap diskriminasi atau merasa etnis nya yang paling baik dan merendahkan etnis atau kelompok tertentu.

Contoh : Menghina dan menjauhi kelompok dengan warna kulit tertentu, karena dia merasa waran kulit selain milikinya itu buruk dan tidak dapat disamakan dengan dirinya.

Pengertian SARA

















SARA itu singkatan dari Suku Ras dan Agama adalah berbagai pandangan dan tindakan yang didasarkan pada sikap identitas yang menyangkut keturunan, agama, kebangsaan atau kesukuan dan golongan. Setiap tindakan yang melibatkan kekerasan, diskriminasi dan pelecehan yang didasarkan pada identitas diri seperti Suku atau Agama dapat dikatakan sebagai tindakan SARA. Tindakan ini menjadikan hilangnya rasa kemerdekaan dan segala hak-hak dasar yang melekat pada manusia.

Contoh : Menghina ajaran agama orang lain, melakukan kekerasan terhadap suku pendatang di daerah miliknya.

Perbedaan antara Rasis dan SARA






















Untuk perbedaan diantara Rasis dan SARA ada pada target atau orang yang dituju untuk dilakukannya diskriminasi atau pelecehan terhadapnya. dimana Rasis menargetkan etnis atau kelompok sedangkan SARA menargetkan Suku dan Agama. tapi keduannya adalah sikap yang tidak baik untuk dilakukan dan perlu dihilangkan sikap ini dari seluruh hati manusia, karena dengan sikap ini dapat merusak persatuan dan rasa kemanusiaan antar manusia.


Related Posts: