CONTOH NASKAH REPORTASE UNTUK PERLOMBAAN

CONTOH NASKAH REPORTASE UNTUK PERLOMBAAN

Nah pada kesempatan kali ini  saya akan membagikan contoh naskah REPORTASE yang pernah saya tulis dalam rangka mengikuti perlombaan Bulan Bahasa 2018. Langsung saja dibaca dibawah ini.




Naskah Reportase >> ( Tema Pendidikan dan Limbah)

Yah terima kasih Laras di studio. Selamat pagi pemirsa, berjumpa lagi bersama saya Zion Simanungkalit dalam progam jejak reportase.
Pemirsa saat ini saya sedang berada di desa Ponjian, kabupaten Dairi. Pagi ini saya akan berkunjung kesebuah tempat, yang warga desa Ponjian sebut sebagai rumah kreasi. Penasaran apa itu rumah kreasi, yuk ikuti kita!.
Baiklah pemirsa, saat ini saya sudah berada di rumah kreasi. Bisa dilihatkan pemirsa di belakang saya ada beberapa siswa sekolah dan remaja yang sedang mengecat sebuah mainan. Sebenarnya apa sih yang dilakukan mereka di rumah kreasi ini?.
Rumah kreasi didirikan pada tahun 2012 oleh bapak Parulian Purba di desa Ponjian. Awal mula rumah kreasi didirikan adalah, karena profesi pak Parulian yang seorang guru kewirausahaan disebuah SMP dan saat ia memberikan tugas kepada siswanya menggenai pemanfaatan limbah. Pada saat siswa menggumpulkan tugas kewirausahaan mereka, pak Parulian melihat ada beberapa karya siswa yang menarik. Karya siswa tersebut berupa kotak tissue dan mainan  yang  menyerupai vespa, yang bahan-bahan pembuatannya merupakan limbah kardus, botol minuman plastik, dan sedotan bekas. Pak Parulian kemudian memiliki ide untuk mengembangkan karya siswanya tersebut sebagai peluang untuk mengolah limbah yang memiliki nilai jual.
Dalam proses pembuatan produk limbah, pak Parulian menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu :
1. Menggambar produk yang akan dibuat
2. Memilah limbah yang sesuai untuk menjadi bahan produk
3. Menggunting, membentuk, dan menyatukan bahan-bahan
4. Mewarnai produk dan menghiasnya
Pada saat ini rumah kreasi sudah dikenal oleh seluruh masyarakat desa Ponjian.Dan banyak siswa sekolah yang ada di desa Ponjian datang ke rumah pak Parulian untuk menuangkan kreatifitas mereka dalam proses pembuatan produk limbah. Dan tidak hanya sampai di situ saja, bahkan pak Parulian kini sudah membuka ruang belajar di rumahnya mengenai pemanfaatan limbah. Mulai dari memilah limbah yang dapat dipakai untuk bahan pembuatan sebuah produk limbah yang dapat dipasarkan hingga limbah yang tidak dapat dipakai kembali.
Pak Parulian kini beserta anak didiknya di rumah kreasi telah melakukan pengajaran kedesa-desa yang ada di kabupaten Dairi tentang proses pengolahan limbah dan cara pembuatan produk limbah sesuai dari kreatifitas masyarakat namun banyak tantangan yang harus dilalui pak Parulian dalam melakukan proses pengajaran di desa-desa sekitar, seperti jarak desa yang jauh, waktu masyarakat yang sibuk untuk bekerja ke kebun dan rendahnya tingkat antusiasme masyarakat .
Dan saat ini rumah kreasi tidak hanya dikelola oleh pak Parulian saja. Bahkan kini pak Parulian telah dibantu oleh rekan-rekan guru satu sekolah tempat beliau mengajar dan dibantu juga oleh masyarakat desa Ponjian yang telah mendapatkan pendidikan menggenai limbah dan cara mengolah limbah.
Nah sekarang pemirsa di rumah sudah tahukan, apa yang sedang dikerjakan adik-adik dibelakang saya. Mereka sedang mengolah kembali limbah untuk dapat diproduksi dan dipasarkan.
Sampai di sini jejak reportase pada pagi hari ini saya Zion simanungkalit dan kameramen Gunawan melaporkan ke studio.






Nah itu dia contoh naskah reportase yang dapat saya bagikan. Semoga dapat membantu teman-teman dalam penulisan naskah berita.
Terima kasih telah membaca tulisan saya dan jangan lupa untuk membaca tulisan saya yang lainnya. =)



#zsimanungkalit
#mr

Related Posts:

0 Response to "CONTOH NASKAH REPORTASE UNTUK PERLOMBAAN "

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.
Jika anda berkenan silahkan untuk menuliskan komentar