APA ITU SEJARAH ?

APA ITU SEJARAH ?

Pengertian sejarah

Pengertian sejarah secara umum
Sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan memiliki bukti berupa peninggalan-peninggalan dari peristiwa masa lampau tersebut.

Pengertian sejarah menurut para ahli 
  • J.V. Bryce : Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
  • W.H. Walsh : Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.
  • Patrick Gardiner : Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
  • Roeslan Abdulgani : Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.
  • Moh. Yamin : Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.
  • Ibnu Khaldun : Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

Jenis - jenis sejarah


Sejarah memiliki lingkup yang sangat luas, oleh karena itu sejarah dibedakan berdasarkan beberapa jenis :

Jenis sejarah berdasarkan fokus masalah :
1. Sejarah Geografi
2. Sejarah Ekonomi
3. Sejarah Sosial
4. Sejarah Politik
5. Sejarah Ketatanegaraan

Jenis sejarah berdasarkan wilayah
1. Sejarah Dunia
2. Sejarah Nasional
3. Sejarah Daerah
4. Sejarah Lokal

Sumber - sumber informasi sejarah


Ahli sejarah mendapatkan informasi mengenai masa lampau dari berbagai sumber, seperti catatan yang ditulis atau dicetak, mata uang atau benda bersejarah lainnya, bangunan dan monumen, serta dari wawancara (yang sering disebut sebagai "sejarah penceritaan", atau oral history dalam bahasa Inggris). Untuk sejarah modern, sumber-sumber utama informasi sejarah adalah: foto, gambar bergerak (misalnya: film layar lebar), audio, dan rekaman video. Tidak semua sumber-sumber ini dapat digunakan untuk penelitian sejarah, karena tergantung pada periodeyang hendak diteliti atau dipelajari. Penelitian sejarah juga bergantung pada historiografi, atau cara pandang sejarah, yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Tujuan mempelajari sejarah

Setelah mengenal apa itu sejarah, kamu pasti bertanya - tanya, apa tujuan dari mempelajari sejarah ?. Tujuannya agar kita tahu apa - apa saja yang terjadi pada masa lampau, terutama mengenai: keberhasilan dan kegagalan dari para pemimpin kita, sistem perekonomian yang pernah ada, bentuk-bentuk pemerintahan, dan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Dari sejarah, kita dapat mempelajari apa saja yang memengaruhi kemajuan dan kejatuhan sebuah negara atau sebuah peradaban. Kita juga dapat mempelajari latar belakang alasan kegiatan politik, pengaruh dari filsafat sosial, serta sudut pandang budaya dan teknologi yang bermacam-macam, sepanjang zaman.


Baiklah sekian artikel Poscampur kali ini yang berjudul APA ITU SEJARAH ?. Terima kasih.

Sumber : Wikipedia

Related Posts: