Unsur-Unsur yang Mendukung dalam Tari

Unsur-Unsur yang Mendukung dalam Tari

230798blog akan menjelaskan tentang unsur-unsur yang harus ada dalam seni tari, sebenarnya bukan harus lagi tapi memang pasti ada di tarian manapun karena tarian tanpa unsur-unsur pendukung, seperti makan nasi tanpa lauk pauk.
cukup basa-basinya inilah beberapa unsur dalam seni tari

Unsur Seni Tari

1. Gerakan
Unsur utama yang wajib ada dalam suatu tarian, gerak tari sendiri aadalah serangkaian perpindahan anggota tubuh yang mengandung nilai estetis sehingga dapat dinikamti oleh para penontonnya.

2. Tema
Unsur yang mendasari gerakan dalam suatu tarian, karenanya tema tdak dapat dipisahkan dalam suatu tarian.

3. Iringan
Unsur tari yang berfungsi sebagai pendukung dalam tarian, dimana iringan tersebut berasal dari gerakan tubuh penari atau dari alat musik.

4. Tata Busana
Unsur yang menambah nilai keindahan dari seorang penari dan dapat memberikan ciri kahas pada tarian yang dibawakannya, unsur ini pasti selalu ada pada setiap tarian karena akan sangat aneh jika seorang penari tradisional menari pada suatu pertunjukan dengan baju biasa.

5. Tata Rias
Unsur yang hampir sama dengan unsur tata busana, tetapi yang membedakannya pada unsur ini berfungsi untuk menambah kecantikan atau karakter pada wajah penari.

6. Panggung
Unsur yang menjadi tempat diman penari melakukan tariannya.

7. Properti
Unsur yang menjadi alat bantu bagi para penari, dan menjadi ciri khas tertentu untuk tarian tersebut contohnya piring yang di bawa oleh para penari tari piring dari Sumatera Barat.

8. Lighting
Unsur pendukung saat pertunjukan tarian dimulai, unsur ini berfungsi untuk menambahkan efek suasana yang khas pada tarian tersebut

Baiklah sekian dari artikel 230798blog tentang Unsur-Unsur yang Mendukung dalam Tari kali ini, terima kasih sudah mau membaca artikel di blog ini.

Related Posts:

0 Response to "Unsur-Unsur yang Mendukung dalam Tari"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.
Jika anda berkenan silahkan untuk menuliskan komentar