Pengertian Demokrasi Dan Bentuk-bentuknya

Pengertian  Demokrasi Dan Bentuk-bentuknya

DEMOKRASI
Pasti pernah dengar kata demokrasi kan, mau itu di tv, dirumah, sekolah, bahkan di jalanan sekalipun, tapi sebenarnya demokrasi itu apa sih ? bagi yang belum tahu atau sekedar memperdalam ilmu 230798blog akan menjelaskan tentang demokrasi dan bentuk-bentuknya di dalam artikel ini sesuai dengan judulnya tentunya.


Pengertian DemokrasiDemokrasi berasal dari 2 suku kata Demos dan Kratos dalam bahasa yunani yang memiliki arti Kekuasaan Rakyat, jadi Demokrasi dapat diartikan sebagai bentuk pemerintahan dimana warga negaranya mempunyai hak dalam menentukan atau memberikan suatu keputusan dalam menentukan kehidupan mereka di negaranya.
Demokrasi memperbolehkan warga negara atau rakyatny untuk ikut berpartisipasi secara langsung maupun tidak langsung di dalam pemerintahan negaranya

Bentuk Demokrasi
Bentuk dari demokrasi sendiri dapat kita bedakan menjadi dua yaitu:

1. Demokrasi Langsung
Merupakan suatu bentuk demokrasi yang dimana rakyat memberikan hak suara atau pendapatnya untuk menentukan keputusan.
Pada demokrasi langsung ini rakyat mewakili dirinya sendiri tanpa diwakili oleh suatu pihak atau orang lain dalam memilih kebijakan, karenanya rakyat menjadi memiliki pengaruh langsung dalam politik dinegarnya.

2. Demokrasi Tidak Langsung (Perwakilan)
Merupakan suatu bentuk demokrasi dimana suatu kelompok rakyat di daerah tertentu dalam suatu negara memilih seorang perwakilan untuk mewakili daerahnya dalam menentukan keputusan dan pendapat untuk kebijakan pemerintahan dinegaranya
Demokrasi ini biasanya dilakukan di suatu negara yang memiliki wilayah yang luas, sehingga tidak memungkinkan untuk mendapatkan pendapat dari masing-masing rakyatnya.

  • Setelah membaca artikel ini kamu pasti kepikiran kan, jadi bentuk demokrasi apa yang digunakan oleh negara Indonesia tercinta kita ini, jawabannya sudah pasti ya Demokrasi Tidak Langsung 

Baiklah sekian dari artikel 230898blog tentang Pengertian  Demokrasi Dan Bentuk-bentuknya, dan terima kasih sudah berkunjung.

Related Posts:

1 Response to "Pengertian Demokrasi Dan Bentuk-bentuknya"

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.
Jika anda berkenan silahkan untuk menuliskan komentar

ash.Net code for poscampur.org: