Apa itu KKN (Korupsi , Kolusi dan Nepotisme)

KKN (Korupsi , Kolusi dan Nepotisme)

KKN adalah suatu tindakan yang sangat merugikan bagi setiap kalangan masyarakat dan negara , dikarenakan KKN hanya menguntungkun suatu pihak tertentu yang memiliki kekuasaan berlebih sehingga orang-orang kecil dan jujur akan dirugikan .

Oleh karena setiap hal yang berhubungan dengan KKN harus cepat di hilangkan dan dihapuskan dari kebiasaan masyarakat , khususnya negara Indonesia .

KKN sendiri adalah gabungan dari kata Korupsi , Kolusi , dan Nepotisme

Baiklah untuk lebih jelas lagi mengenai KKN 230798blog akan menjelaskannya :

1.Korupsi


Korupsi dalam bahasa Latin disebut corruptio dari kata kerja corrumpere yang memiliki banyak makna seperti busuk, merusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyuap 
Korupsi sendiri adalah suatu tindakan pejabat publik, baik politisi, pegawai negeri, yang menyalahgunakan kekuasaannya mengambil atau mengakali hak milik orang lain demi kepentingannya sepihak sehingga dapat merugikan banyak kalangan masyarakat 

Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar terdiri dari beberapa unsur berikut :
  • perbuatan melawan hukum, 
  • penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana, 
  • memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi
  • merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. 
  • memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan), 
  • penggelapan dalam jabatan, 
  • pemerasan dalam jabatan, 
  • ikut serta dalam pengadaan
  • menerima gratifikasi

Dalam arti yang luas, korupsi adalah penyalahgunaan jabatan atau kekuasaan resmi untuk keuntungan pribadinya sendiri.




2.Kolusi


Kolusi adalah suatu perbuatan yang tidak jujur atau kecurangan dalam melakukan kesepakatan khusus secara diam-diam atau tersembunyi dengan melakukan penyuapan sebagai pelancar atau pelicin agar segala urusannya bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Contoh dari kolusi :
  • Penyuapan agar diterima menjadi PNS 
  • Penyuapan dalam mencuci nilai rapor sekolah
  • Penyuapan agar diterima di sekolah negeri favorit

3.Nepotisme


Nepotisme berasal dari kata Latin nepos, yang memiliki arti "keponakan" atau "cucu".
Jadi , jika disimpulkan Nepotisme adalah sikap plihkasih dengan lebih mementingkan anak, kerabat, atau orang terdekat dalam segala urusan sehingga tidak memandang nilai atau kemampuan seseorang yang tidak dekat dengannya .
Biasanya nepotisme identik dengan orang-orang besar seperti penjabat, direktur, dan sebagainya.

Contoh dari Nepotisme :
  • Seorang Gubernur mengangkat semua anggota keluarganya menjadi penjabat pemerintahan di provinsi yang dipimpinnya , sehingga tdak menilai para orang yang lebih layak berda di posisi itu.

Related Posts:

27 Responses to "Apa itu KKN (Korupsi , Kolusi dan Nepotisme)"

  1. artikelnya bermanfaat gan
    kita harus memberantas korupsi gan dimanapun siapapun, maaf gan numpang nitip link
    anti corruption
    SAY NO TO CORRUPTION STORE, Being Dedicated To My Country!
    http://www.saynotocorruptionstore.com/
    http://www.iampromise.win/
    iam promise

    BalasHapus
  2. Saya seorang pns di lingkungan pemprop,merasa risih sekali melihat dan mengetahui nepotisme yg terjadi di kantor tempat saya bekerja,ada pejabat eselon selaku pptk yg memberikan proyek pengadaan pada suami selaku pemilik cv atau perusahaan dlm proyek pengadaan perlengkapan kantor apakah tindakan oknum pns tsb bisa di katagorikan nepotisme?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sih gan menurut ane, jika project itu dibawah 50juta berarti project tsb tidak perlu di lelang / di tenderkan, jadi vendor yg mengerjakan bisa ditunjuk secara langsung. Nah kalau diatas 50juta kan butuh tender, jadi harus objektif pemilihannya, yang benar2 berkualitas yg bisa mendapatkan tender tsb.

      Hapus
    2. tergantung juga prmilik cv itu layak untuk mendapatkan proyek tersebut ndak?? kalo layak ya bukan nepotisme kalo ndak layak ya berarti nepotisme

      Hapus
    3. Cv itu mampu atau tidaknya kalo mampu melakukab proyek yaa no problem,

      Hapus
  3. Saya seorang pns di lingkungan pemprop,merasa risih sekali melihat dan mengetahui nepotisme yg terjadi di kantor tempat saya bekerja,ada pejabat eselon selaku pptk yg memberikan proyek pengadaan pada suami selaku pemilik cv atau perusahaan dlm proyek pengadaan perlengkapan kantor apakah tindakan oknum pns tsb bisa di katagorikan nepotisme?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, hal tersebut bisa dikategorikan ke nepotisme karena mementingkan kepentingan orang terdekatnya dan dia tidak membagi proyek tersebut ke cv lain.

      Hapus
    2. Tergantung sih gan menurut ane, jika project itu dibawah 50juta berarti project tsb tidak perlu di lelang / di tenderkan, jadi vendor yg mengerjakan bisa ditunjuk secara langsung. Nah kalau diatas 50juta kan butuh tender, jadi harus objektif pemilihannya, yang benar2 berkualitas yg bisa mendapatkan tender tsb.

      Hapus
  4. terima kasih...
    SANGAT BERMANFAAT...

    BalasHapus
  5. Sangat membantu, apalagi materi ini akan dijelaskan di kelas umumnya kalau kurikulum 2006 (KTSP) di X SMK semester 1.

    Makasih mas.

    BalasHapus
  6. Sy sangat risih dgn Nepotisme di pabrik yg hrus mengutamakan bwaan org dalam

    BalasHapus
  7. memang ilmu yg sangat bermanfaat om admin :)

    BalasHapus
  8. dengan adanya ini artikel skrg saya tau apa yang dimaksud dengan kkn atau korupsi terimkasih banget gan

    BalasHapus
  9. kaya mapel sekolah aja ya tpi lupa hahehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya agan selalu duduk dibelakang ya setiap belajar.. hehehhe

      Hapus
  10. makasih infonya gan, semoga koruptor di indonesia baca artikel ini biar malu XD

    BalasHapus
  11. Semoga artikel ini di baca sama generasi muda, betapa pentingnya kejujuran untuk membangun bangsa kita ini. Semoga kita dijauhkan dari KKN itu, yang menyebabkan penderitaan terhadap orang lain.

    BalasHapus
  12. Nice artikel :D, yg seperti ini wajib di share ke anak anak

    BalasHapus
  13. Korupsi itu emang uda bs dikatakan jadi borok luka yg dalam di negeri kita. Tapi menyalahkan pemerintah saja bukanlah solusi. Krn KKN sendiri sebenarnya sudah kita bina dari anak-anak kita tanpa kita sadari. Bahkan kita sendiri srng KKN dalam kehidupan kita. Jadi kalo kita sendiri tidak mengupayakan yg ada di sekitar lingkungan kita dulu, sulit untuk memberantas KKN ini.

    BalasHapus
  14. Di Indonesia yang paling parah ya pas Jaman Pak Harto, Beliau adalah salah satu orang yang melakukan KKN, lihat saja mantunya Prabowo langsung dinaikan pangkat oleh Pak Harto.

    BalasHapus
  15. Tx min postingan ini sgt membantu sy yh kebetulan sedang tahap Penelitian. hehehehe
    Salam inspirasi..

    BalasHapus
  16. negara kita ada KPK=Komisi Pemberantasan Korupsi..ad g Kimisi pemberantasan Kolusi atau KPN=Komisi Pemberantasan Nepotisme..sekarang nepotisme semakin masih meraja lela..ujung2nya susah melamar pekerjaan di kantor pemerintahan yang sesuai jurusan kita.karena sudah dipenuhi oleh orang terdekatnya. padahal pekerjaan itu bukan keahliannya,jurusannya.mungkin ada pelopor dibentuknya KPN ini secepatnya..karena kesuksesan itu bukan keberuntugan (punya hub kelurga dekat,tantanggga DLL) melainkan kerja keras (proses kuliah dsb).mhon share ya. maaf kalau ada salah tulis

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi nambah Pengetahuan baru lagi,
      Dan inilah merupakan salah satu contoh yang perlu di hilangkan atau di hapuskan dari generasi-kegenerasi kedepan di setiap pribadi lepas pribadi, yang menyalahgunakan kewenangan dalam masa jabatan yang masih di jalani...

      Terima kasih banyak atas pencerahannyađź’šđź’™❤

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.
Jika anda berkenan silahkan untuk menuliskan komentar